Tugas 4 Struktur & Fungsi Komputer Oleh : [Ardhi & 1903015204]

Sejarah Jaringan Nirkabel :

Sejarah jaringan nirkabel atau jaringan nirkabel dimulai pada awal abad ke-20, ketika penemuan gelombang radio oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1895 membuka jalan bagi teknologi jaringan nirkabel yang pertama. Selama beberapa dekade berikutnya, teknologi ini berkembang dengan lambat, tetapi beberapa inovasi penting terjadi pada tahun 1970-an dan 1980-an yang mendorong penggunaan jaringan nir kabel ke tingkat yang lebih tinggi.

Pada tahun 1971, Norman Abramson memimpin proyek ALOHAnet yang mengembangkan teknologi jaringan nirkabel pertama di Universitas Hawaii. Teknologi ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer di beberapa pulau di Hawaii dan kemudian digunakan untuk menghubungkan seluruh dunia. Kemudian pada tahun 1980-an, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menetapkan standar untuk teknologi jaringan nir kabel, termasuk standar 802.11 untuk Wi-Fi dan standar 802.15 untuk Bluetooth.

Pada tahun 1990-an, jaringan nir kabel mulai berkembang dengan pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi semikonduktor, perangkat-perangkat nirkabel menjadi lebih kecil, lebih murah dan lebih mudah digunakan Pada tahun 1997, Wi-Fi pertama kali diperkenalkan sebagai teknologi jaringan nir kabel yang terbuka dan digunakan secara luas oleh berbagai perusahaan dan organisasi.

Pada awal abad ke-21, teknologi jaringan nir kabel semakin berkembang pesat dengan peningkatan kecepatan transfer data dan jangkauan sinyal yang lebih luas. Teknologi ini. digunakan dalam berbagai macam aplikasi, termasuk telepon seluler, perangkat elektronik rumah tangga, sistem otomasi industri, dan loT (Internet of Things). Saat ini, jaringan nir kabel telah menjadi teknologi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan akan terus berkembang dengan inovasi dan penemuan baru.

Definisi Jaringan Nirkabel :

Jaringan nir kabel atau jaringan nirkabel (wireless network) adalah suatu jaringan yang memungkinkan perangkat komputer atau elektronik untuk saling terhubung dan bertukar data melalui gelombang elektromagnetik tanpa menggunakan kabel. Teknologi jaringan nir kabel memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan atau internet melalui sinyal radio, inframerah atau gelombang elektromagnetik lainnya yang ditransmisikan melalui udara. Beberapa contoh teknologi jaringan nir kabel yang umum digunakan adalah Wi-Fi, Bluetooth, NFC dan infrared Jaringan nir kabel memberikan kemudahan dalam mobilitas dan fleksibilitas karena tidak memerlukan kabel, serta lebih mudah dalam pengaturan dan konfigurasi, meskipun memiliki kekurangan dalam hal keamanan dan kecepatan transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan jaringan kabel

Jenis - Jenis Jaringan Nirkabel :

1. Wi-Fi (Wireless Fidelity) : Teknologi yang paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat ke internet. Wi-Fi menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data antara perangkat yang terhubung dengan jaringan.

2. Bluetooth-Teknologi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jarak yang lebih dekat, biasanya dalam radius sekitar 10 meter. Bluetooth menggunakan frekuensi radio yang lebih rendah dan lebih hemat energi dibandingkan dengan Wi-Fi.

3. NFC (Near Field Communication) - Teknologi yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jarak yang sangat dekat, biasanya kurang dan 10 cm. NFC sering digunakan untuk transfer data, pembayaran digital, dan tag RFID (Radio Frequency Identification).

4. Infrared-Teknologi yang mengirimkan data melalui sinar inframerah dan biasanya perangkat digunakan pada perangkat remote control atau transfer file antara perangkat.

Manfaat Jaringan Nirkabel :

Mobilitas dan fleksibilitas yang lebih besar

Kemudahan dalam pengaturan dan konfigurasi jaringan

Mengurangi penggunaan kabel yang rumit

Menjaga estetika ruangan karena tidak perlu memasang kabel yang terlihat


Kelemahan Jaringan Nirkabel :

Kecepatan transfer data yang lebih lambat dibandingkan dengan jaringan kabel

Sinyal radio dapat dipantau atau diintersep oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Hambatan sinyal oleh benda-benda yang menghalangi, seperti dinding dan pintu

Contoh Penerapan :

Rumah

Kantor

Sekolah

Tempat Umum

Contoh Penerapan Teknologi Nirkabel :

1. Smartphone dan Telepon Genggam Smartphone adalah salah satu perangkat yang kita gunakan sehari-hari. Smartphone menggunakan teknologi wireless karena kita dapat menerima dan mengirim informasi dengan orang yang lokasinya saling berjauhan. Walaupun terpisah sangat jauh, dengan menggunakan teknologi wireless, informasi yang ingin disampaikan akan sangat cepat diterima.

2. Komputer dan Laptop Awalnya komputer tidak menggunakan teknologi wireless karena tujuan awal komputer adalah untuk membantu manusia dalam menghitung. Setelah komputer dan laptop berkembang pesat, kedua jenis teknologi ini mulai diberikan WiFi card atau komponen agar dapat terkoneksi dengan internet. Dengan koneksi internet, komputer dan laptop dapat mengirim dan menerima informasi secara massal dan cepat.

3. GPS dan Navigasi Saat berkendara, pernahkah Adjarian menggunakan peta digital atau GPS untuk menemukan sebuah lokasi? Nah, ternyata alasan aplikasi dapat menemukan posisi kita dan mengikuti di mana kita berada adalah adanya pemancar gelombang dari teknologi wireless. Selain membantu kita, GPS dan navigasi membantu banyak kendaraan lain. Contohnya adalah pesawat terbang dan kapal yang berlayar sangat jauh.

4. Radio Dari zaman dahulu, radio sudah menggunakan teknologi wireless. Seiring berkembangnya perangkat ini, radio ada di dalam kendaraan seperti mobil yang membuat kita bisa mendengarkan siaran radio di perjalanan.

Prospek Perkembangan Teknologi Nirkabel :

1. Teknologi Generasi ke satu (1G) Sebelum sampai ke teknologi generasi ke lima seperti sekarang ini, teknologi telepon nirkabel diawali dengan teknologi generasi ke satu atau kita kenal dengan sebutan 1G. 1G pertama kali ditemukan pada tahun 1980, ketika AMPS yang berbasis di Amerika bekerja sama denga TACS dan NMT yang berbasis di Eropa.

2. Teknologi Generasi ke-dua (2G) Pada akhir tahun 90an muncul teknologi jaringan nirkabel digital. Teknologi generasi ke-dua ini kita mengenal istilah D-AMPS, GSM/GPRS, dan cdmaOne.

3. Teknologi Generasi ke-dua koma lima (2.5G) Teknologi ini merupakan teknologi telepon nirkabel diantara 2G dan 3G. Terkadang teknologi 2.5G ini digambarkan sebagai teknologi 2G yang dikombinasi dengan GPRS. Pada teknologi 2.5G ini, pengguna layanan telepon nirkabel sudah dapat melakukan hal-hal seperti berikut :

1. Telepon berbasis suara

2. Mengirim dan menerima surel

3. Menjelajah internet (browsing)

4. Kecepatan internet hingga 144kbps.

5. Telepon nirkabel yang digunakan sudah memiliki kamera Menggunakan teknologi 2.5G ini seseorang membutuhkan waktu sekitar 6-9 menit untuk mengunduh sebuah berkas mp3 dari internet.

4. Teknologi Generasi ke-tiga (3G) Teknologi nirkabel generasi ketiga ini diperkenalkan pada tahun 2000, dimana telepon nirkabel yang dipergunakan dikenal dengan istilah Smart Phones. Kecepatan yang dapat dinikmati oleh pelanggan pada teknologi 3G ini hingga 2Mbps. Karakteristik teknologi 3G sudah dapat melakukan hal-hal seperti berikut :

1. Menyediakan layanan komunikasi yang lebih cepat

2. Mengirim dan menerima surel dengan ukuran yang lebih besar.

3. Dapat melakukan streaming video maupun musik

4. Dapat memainkan permainan 3 dimensi Seorang pengguna teknologi 3G dapat mengunduh sebuah berkas mp3 hanya dalam hitungan detik (11 detik hingga 1.5 menit)

5. Teknologi Generasi ke-empat (4G) Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah “3G and beyond”. 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, dengan kecepatan data yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Salah satu istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan teknologi 4G ini adalah MAGIC, yaitu :

- Mobile Multimedia

- Anytime Anywhere

- Global mobility support

- Integrated Wireless Solution

- Customized Personal Services

Teknologi 4G ini juga dikenal dengan istilah Mobile Broadband Everywhere karena memungkinkan pengguna untuk menikmati akses internet dengan kecepatan tinggi dimana saja. Penetrasi teknologi 4G ini di Indonesia masih terus dilakukan oleh para operator seluler dengan bekerjasama dengan vendor-vendor penyedia telepon nirkabel sehingga dapat menyediakan telepon nirkabel yang telah mendukung teknologi 4G dengan harga yang lebih terjangkau dan dengan kerjasama ini akan memudahkan masyarakat dalam memilih jenis dan tipe telepon nirkabel yang akan mereka gunakan.

SOAL DAN JAWABAN :
1. ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam satuan waktu yang diberikan disebut...
a. frekuensi
b. amplitudo
c. panjang gelombang
d. periode
e. energi gelombang

2. Panjang gelombang gelombang berbanding terbalik dengan...
a. Energi gelombang
b. Gelombang
c. Frekuensi
d. Amplitudo
e. periode

3. Gelombang elektromagnetik merambat  melalui udara karena adanya proses saling ketergantungan antara
a. Listrik dengan udara
b.  Listrik dengan medan magnet
c. Listrik dengan gaya tarik
d. Listrik dengan tekanan udara
e. Listrik dengan air

4. Satuan untuk frekuensi adalah..
a. Sekon
b. Meter
c. Hertz
d. Newton
e. Joule

5. IEEE merupakan singkatan dari...
a. Institute of Electric and Electronics Engineers
b. International of Electronical and Electronics Engineers
c. Institute of Electronical and Electronics Engineers
d. Institute of Electrical and Electronics Engineers
e. International of Electrical and Electronics Engineers

6. Teknologi wireless yang mencakup dengan performasi GPRS,EDGE,3G,HSDPA,4G adalah
a. WWANs (Wireless Wide Area Network)
b. WMANs (Wireless Metropolitan Area Network)
c. WLAN (Wireless Local Area Network)
d. WPAN (Wireless Personal Area Network)
e. WMN (Wireless Mesh Network)

7. IEEE 802.11a bekerja pada frekuensi 5GHz dan mempunyai kecepatan maksimum 54 Mbps. Bekerja pada teknologi wireless
a. WWANs (Wireless Wide Area Network)
b. WMANs (Wireless Metropolitan Area Network)
c. WLAN (Wireless Local Area Network)
d. WPAN (Wireless Personal Area Network)
e. WMN (Wireless Mesh Network)

8. sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain disebut…
a. router
b. switch
c. bridge
d. hub
e. AP

9. alat yang digunakan untuk menambahkan daya pancar dari sinyal analog. Dan akan menyebarkan daya pancar melalui suatu medium udara disebut…
a. router
b. switch
c. Antena
d. hub
e. AP

10. jenis antena yang memiliki pola pemancaran sinyal ke segala arah dengan daya sama,untuk menghasilkan cakupan area yang luas, antena dengan daya sistem yang memancar secara seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus adalah antena….
a. Grid
b. sectoral
c. flat
d. parabolic
e. Omnidirectional

Artikel ini dibuat sebagai tugas kuliah  sebagaimana yang tertuang dalam Online Learning Uhamka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Breaking News Uhamka

Tugas 1 [Ardhi] OAK2A22TI

Simulasi Dan Pemodelan Tugas 3 Oleh Muhammad Ardhi Ryan Saputra